RUANG
LINGKUP AKUNTANSI MANAJEMEN
SEBAGAI
INFORMASI
PENDAHULUAN
Akuntansi Manajemen
Adalah proses pengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi/keuangan, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi manajemen yang menggunakan informasi tersebut di mana titik sentralnya untuk pihak-pihak di dalam organisasi/perusahaan.
Adalah proses pengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi/keuangan, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi manajemen yang menggunakan informasi tersebut di mana titik sentralnya untuk pihak-pihak di dalam organisasi/perusahaan.
Contoh :
·
Kalkulasi
biaya produk.
·
Kalkulasi
biaya suatu aktivitas.
·
Kalkulasi
biaya suatu department.
Fungsi Akuntansi
Dalam Organisasi
Dipandang dari tugas, fungsi-fungsi yang ada dalam
organisasi dibagi dua kelompok, yaitu :
1. Fungsi Garis (Link Manager)
Adalah
para pejabat/pegawai atau bagian tertentu dalam suatu organisasi yang mempunyai
tugas langsung berhubungan dengan pencapaian tujuan organisasi/perusahaan.
Contoh :
Para manajemen lini seperti :
·
Manajer
produksi Sedan.
·
Manajer
Prtoduksi Motor
·
Manajer
Produksi Bus
2. Fungsi
Staf
Adalah
pegawai atau bagian yang mempunyai tugas tidak langsung dalam mencapai tujuan
organisasi/perusahaan, lebih menekankan pemberian jasa konsultasi, pelayanan
dan informasi kepada staf fungsi garis.
Contoh
:Eksekutif Yang Mengurus Hubungan Dengan Pemerintah
Ruang Lingkup Manajemen
1. Organisasi dan
Tujuan Organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang yang
bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan.
Contoh
:
§ Panitia 17 Agustus
§ Organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat
§ PT Indofood
§ Departemen Keuangan
2. Strategi
Adalah
pemilihan alternatif untuk mencapai tujuan bagi perusahaan. Satu set strategi
yang perlu dijalankan bagi organisasi yang bertujuan mendapatkan laba, yaitu :
a.
Memilih
produk/jasa apa yang hendak dijual.
b.
Bagaimana
membuat produk/jasa.
c.
Bagaimana
memasarkannya.
3. Struktur
Organisasi
Adalah
gambar tentang kelompok-kelompok kerja atau tempat-tempat pimpinan. Serta
penjelasan mengenai tugas, tanggung jawab dan wewenang.
Fungsi Manajemen
1. Planning
Adalah
keputusan tentang apa yang akan dilaksanakan di masa yang akan datang untuk
membantu perusahaan dalam mencapai tujuan.
2. Coordinating
Adalah
koordinasi dalam melaksanakan planning/perencanaan yang telah ditetapkan,
supaya bisa berjalan seperti yang diharapkan.
3. Directing
Adalah
pengawasan dari pelaksanaan planning pada saat planning tersebut dijalankan, di
sini termasuk pengarahan dari orang-orang yang menjalankan planning tersebut
4. Controlling
Adalah
pengawasan dari hasil pelaksanaan planning yang biasanya dijalankan dengan
membandingkan antara planning dengan pelaksanaan sesungguhnya.
JENIS-JENIS INFORMASI AKUNTANSI
SERTA PERBEDAAN AKUNTANSI MANAJEMEN
DAN AKUNTANSI KEUANGAN
Jenis-jenis Informasi Dalam Perusahaan
Informasi
Adalah
hasil/output pengolahan data yang terorganisir dan berguna bagi orang yang
menerimanya.Informasi
dibutuhkan manusia untuk mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan
Keterangan
:
a Informasi
Kualitatif
Contoh : Telah dibangun realestate
disebelah selatan Jakarta
a Informasi
Kuantitatif
Contoh :Telah dibangun 30.000 unit rumah di sebelah timur Jakarta
a Informasi
Akuntansi
Contoh :Keuntungan Setelah Pajak PT
Wanodya Rp.200 milyar
a Informasi
Non Akuntansi
Contoh : 400 orang karyawan PT Tata
keracunan makanan
a Informasi
Operasi
Contoh : Jumlah Bahan baku
yang digunakan 200 lembar Kayu Lapis
a Informasi
Laporan Keuangan
Contoh
: Neraca , Rugi Laba, Laporan Laba ditahan, Laporan ARus Kas dll.
a Informasi
Akuntansi Manajemen
Contoh : Anggaran,
Laporan Biaya Produksi, Laporan pendukung pemilihan
alternatif.
Jenis-jenis Informasi Akuntansi Untuk Manajemen
1. Akuntansi
Biaya Penuh (Full Cost Accounting)
Ialah
jumlah seluruh biaya langsung yang berkenaan dengan item tersebut ditambah
bagian yang layak dibebankan pada item tersebut dari biaya tidak langsung.
Full Cost bisa berbentuk : :
- Biaya Produksi Berdasarkan Full Costing + Biaya Pemasaranl + Biaya Administrasi
- Biaya Produksi berdasarkan Variable Costing + Biaya Pemasaran Variabel + Biaya Administrasi Variabel + Biaya OHP Tetap + Biaya Pemasaran Tetap + Biaya Administrasi Tetap.
- Unit Level Activity Cost + Batch Level Activity Cost + Product Level Aktivity Cost + Facility Level Activity Cost
2. Akuntansi Biaya Diferensial
(Differensial Accounting)
Ialah
informasi keuangan yang akan digunakan dalam membantu untuk menentukan
alternatifmana yang dipilih, dimana biaya 2 yang berbeda antara satu set
kondisi/alternatif yang satu dengan kondisi yang lain dan merupakan biaya yang
akan datang
Contoh :
· Informasi-informasi
yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan membeli atau membuat
· Informasi
yg dibutuhkan untuk mengambil keputusan menjual atau memproses lebih lanjut
3. Akuntansi Pertanggung jawaban
(Responsibility Accounting)
Ialah
informasi keuangan dengan tujuan untuk pengendalian biaya, dimana setiap pusat
pertanggungjawaban yang dipimpin seorang manajer (pimpinan) bertanggung jawab
atas pelaksanaan perencanaan yang telah dibuat.
Contoh :
·
Informasi
menganai jumlah biay yang telah dikeluarkan dari suatu departemen/Divisi
·
Informasi
mengani Kentungan yang diperoleh Kantor Cabang di Jakarta
Perbedaan Akuntansi Manajemen Dengan Akuntansi Keuangan
1. Tidak mempunyai struktur (Formula) tunggal.
2. Tidak diatur oleh prinsip akuntansi yang
diterima umum
3. Lebih bebas penyajiannya
4. Termasuk informasi non keuangan.
5. Lebih ditekankan untuk masa yang akan datang.
6. Memperhatikan bagian-bagian lebih penting
dari keseluruhan.
7. Kurang menekankan pada kepastian.
8. Bukan penilaian terakhir.
Jenis-jenis Laporan Akuntansi
1. Laporan untuk manajemen.
2. Laporan untuk perhitungan pajak.
3. Laporan Khusus
4. Laporan keuangan yang diaudit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar